Search
image

Al Rifaie Malang

Be the first to review

Yayasan Pondok Modern Al-Rifa’ie merupakan salah satu Pondok Pesantren yang bertempat di Kabupaten Malang tepatnya di Jl. Raya Ketawang No.01 Gondanglegi. Pondok Modern Al-Rifa’ie didirikan oleh KH. Achmad Zamachsyari pada 8 Oktober 1992 dan diresmikan oleh Panglima Komando Daerah Militer V Brawijaya Brigjen TNI Sudibyo Tjipto Negoro pada Kamis, 9 September 1999 pukul 09.00 WIB. Dengan Akta Notaris No. 46. tanggal 11 Januari 1993 Notaris Pramu Hariono, SH.

Diawali pada tahun 1953 KH. Achmad Zamachsyari yang hampir 18 tahun menjadi asisten ayahnya KH.Achmad Rifa’ie Basuni mengasuh Pondok Pesantren Al-Fattah di Singosari Malang yang waktu itu masih sangat tradisional, tanpa adanya sekolah umum serta metode pengajarannya yang menggunakan pola sorogan yang tergolong klasik.Santri hanya di doktrin dengan kajian kitab-kitab kuning tanpa berkulturasi pada dunia luar. Suatu ketika Kyai muda yang akrab dipanggil Gus Mad ini, tiba-tiba terusik ingin merombak pesantren warisan ayahnya itu dengan sistem pendidikan yang lebih modern yakni ada sekolah umum, diniyah, sampai jenjang perguruan tinggi.

“Konsep Modernisasi Pesantren yang dikembangkan Gus Mad ini, bukan modern karena diperbaharui dengan adanya ilmu pengetahuan umum, tetapi sistem pengajaran di pesantrennya yang dimodernisasi”. Sampai pada suatu saat, Gus Mad tak banyak lagi melihat pesantren yang menunjukkan kemampuan untuk memodernisasi pemikirannya yang terkesan kolot, sehingga dengan pola sistem pendidikan yang defensif seperti yang sudah ada, banyak santri yang mengecap pendidikan bertahun-tahun di pesantren, namun masih gagap teknologi dan sempit ilmu pengetahuannya. Oleh karenanya dalam lubuk hatinya yang ikhlas, tersirat ingin mendobrak keterbelakangan pondok pesantren untuk berkulturasi dengan dunia luar.

image