Search
image

LPI Hidayatullah Kota Bengkulu

 

Be the first to review

Menurut bahasa, istilah integral diartikan sebagai menyeluruh atau terpadu. Dengan demikian, sekolah integral berarti sekolah yang pengelolaannya melibatkan komponen pendidikan secara menyeluruh dan terpadu. Komponen pendidikan tersebut di antaranya meliputi :

Pertama, Institusi pendidikan yang terdiri dari keluarga, sekolah dan masyarakat. Ketiga institusi pendidikan ini sangat berkaitan erat satu sama lain. Ilustrasi sederhana misalnya institusi keluarga ( dititikberatkan pada kondisi dan suasana belajar di rumah tangga). Selama ini rumah merupakan tempat belajar yang mudah dan murah namun tentu saja harus menyelaraskan apa yang diajarkan pada anak-anak dengan apa yang akan mereka pelajari di masyarakat dan di sekolah. Belajar di rumah, tentu saja bukan sesuatu yang asing karena umumnya semua orangtua selalu memerlukan waktu bersama anak-anak mereka di rumah, seberapa pun sibuknya mereka. Karenanya kita perlu memanfaatkan waktu berkumpul bersama anak-anak ini dengan sebaik-baiknya. Inilah saat bagi kita untuk memberikan bekal pada anak-anak untuk bisa memilih secara tepat dan bermanfaat mengenai apa saja yang bisa pelajari di luar rumah. Dan itu, sama sekali tidak tergantung pada seberapa kaya atau miskinnya sebuah keluarga atau seberapa tinggi dan lamanya bersekolah dulu, melainkan tergantung pada apa yang dikatakan dan diperbuat di rumah.

Dengan kata lain, kualitas pertemuan kita dengan anak-anak di rumah menjadi hal utama yang harus bisa kita ciptakan sebaik-baiknya, bila kita menginginkan anak-anak kita sukses di sekolah. Salah satu alasannya karena jam belajar yang dijalani anak-anak kita di sekolah, tidak jauh lebih lama dengan waktu belajar yang mereka habiskan di rumah atau di luar sekolah.

image