Search
image

Pondok Pesantren Madinatul Ulum Al Fatah Bandung

 

Be the first to review

Pesantren Madinatul ‘Ulum Bandung (MUB) salah satu Pesantren ahlus sunnah wal jamaah As-Syafi’iah di Bandung yang memiliki program pendidikan Tahfidz Al Qur’an 30 Juz (TQ) dan Tarbiyah Islamiyah (TI),Ma’had A’ly (MA) Hadits serta kajian kitab-kitab Salaf (Kitab Ulama-Ulama terdahulu).

Program tahfidz Al- Qur’an 30 juz diselesaikan dalam waktu 2.5 – 3 tahun dengan asumsi 10 juz pertahun (tergantung kepada kemampuan santri) dimana sambil menghapal Qur’an dengan tajwid dan tartil,setiap santri juga mempelajari ilmu aqidah dasar, fiqh harian, sirah (sejarah), adab sunnah, hadits, nahwu, shorof, tafsir dan terjemah Qur’an. Bahasa Arab dipelajari setiap hari untuk menyiapkan santri hafiz yang lancar berbahasa Arab.

Program Tarbiyah Islamiyah (TI) ditempuh selama 3 tahun (setingkat Aliyah) mempelajari dan mendalami Qur’an dan hadits dan ilmu-ilmu yang berkaitan dengannya seperti aqidah, adab, fiqh, ushul fiqh, qoidah fiqh, ushul hadits, tafsir, ushul tafsir, nahwu, shorof, balaghoh, mantiq, sirah, faraidh dll. santri yang tidak hafiz quran diwajibkan untuk menambah hapalan Qur’an min 2.5 juz pertahun. Bahasa Arab dipelajari setiap hari.

Program Ma’had Aly (MA) adalah 4 tahun (setingkat Sarjana) kelanjutan dari program Tarbiyah Islamiyah( TI) mempelajari dan mendalami Al-Qur’an, hadits dengan manhaj salaf dan fiqh empat mazhab, dimana di tahun ke 3 dan 4 di khususkan pendidikan hadits nabawi dengan mempelajari kitab Bukhori, Muslim, Abu Dawud, Tirmizi, Nasai, Ibnu Majah, Muwattha Imam Malik dan Musnad As-Syafi’i ditambah beberapa kitab ilmu hadits seperti Tadribu Raawi dan Thobaqoh Huffaaz Imam Suyuthi dan ta’wil mukhtalaf hadits Ibnu Qutaibah. Setiap mahasantri Ma’had Aly yang tidak hafiz Qur’an diwajibkan menambah hapalan quran min 2.5 juz pertahun sehingga diharapakan lulusan program Ma’had Aly MUB mampu menjadi alim ulama yang sholih dan bermanfat bagi seluruh umat.

Untuk menjaga kualitas program Tarbiyah Islamiyah dan Ma’had Aly, setiap kelas dibatas hanya 20 orang, sedangkan program tahfiz max 25 orang per kelas.

Program yang akan diadakan selanjutnya adalah Takhasshus fil Fiqh, Takhasshus fii Hadits.

Para ustaz dan seluruh santri berusaha untuk menghidupkan sunnah-sunnah rasulullah saw dalam kehidupan sehari-hari, melaksanakanibadah seperti sholat berjamaah dan tahajud serta tilawah quran harian dengan penuh disiplin, doa-doa dan adab-adab sunnah, juga belajar bermuamalah dan bermuasyaroh yg baik disertai akhlaq budi pekerti yg mulia.

Dari Sayyidina Utsman Radhiyallahu anhu, baginda Rasulullah shallallahu a’laihi wa sallam bersabda : sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al-Quran dan mengajarkannya (HR Bukhari, Abu Dawud, Tirmizi, Nasai, Ibnu Majah).
Dari A’isyah Ra berkata : Rasulullah saw bersabda : Orang yang mahir dalam Al-Qur’an akan bersama malaikat pencatat yang mulia lagi benar. Orang yang terbata-bata membaca Al-Qur’an serta bersusah payah (membacanya) maka baginya pahala dua kali (HR Bukhari, Muslim).
Dari Abdullah bin Amr Ra, Rasulullah saw bersabda : akan dikatakan kepada ahli Al-Qur’an (pada hari kiamat) bacalah dan teruslah naik (di derajat-derajat surga), bacalah dengan tartil seperti kamu membacanya di dunia. Sesungguhnya derajatmu,di akhir ayat yang kamu baca (HR Ahmad, Tirmizi, Abu Dawud).
Dari Muaz Aljuhani Ra, Rasulullah saw bersabda : Barang siapa membaca Al-Qur’an dan mengamalkan apa yang terkandung di dalamnya, maka ke dua orang tuanya akan dikenakan mahkota pada hari kiamat yang cahayanya melebihi cahaya matahari seandainya ada di dalam rumah-rumah kalian di dunia ini, maka bagaimana perkiraanmu mengenai orang yang dia sendiri mengamalkannya (HR Ahmad, Abu Dawud, Hakim).
Dari Ali Ra, Rasulullah saw bersabda : Barang siapa membaca Al-Qur’an dan menghapalnya dan menghalalkan apa yang dihalalkan Al-Qur’an dan mengaharamkan apa yang diharamkannya, maka Allah SWT akan memasukannya ke dalam surga dan akan menerima syafaatnya untuk sepuluh orang keluarganya yang wajib masuk neraka (HR Ahmad, Tirmizi, Ibnu Majah dan Darimi)
Bagi santri program Tahfiz dan Tarbiyah Islamiyah yg berprestasi dan memenuhi syarat bisa melanjutkan study ke luar negeri dengan program beasiswa

Pesantren Madinatul ‘Ulum Bandung dibawah naungan Yayasan Madinatul ‘Ulum Bandung, beraktifitas dibidang Sosial, Kemanusiaan, dan Pendidikan Keagamaan.

Pondok Pesantren Madinatul Ulum Bandung

Sekretariat,

image