Search
image

Ponpes Darul Hikmah lampung

Be the first to review

Pondok Pesantren Darul Hikmah adalah salah satu Lembaga Pendidikan Islam yang berada di Jl. Pramuka Taman Asri Baradatu Way Kanan. Yayasan Pondok Pesantren Darul hikmah didirikan oleh KH. Supandi, Kyai Sahlan Failani dan Kyai Soleh Mubarok pada 9 September 1999, Namun secara resmi tercatat di kementrian Agama pada tahun 2017. Sedangkan Yayasan Pondok Pesantren Darul Hikmah sendiri telah berdiri pada tahun 2016.

Dalam sejarahnya, Pondok Pesanren Darul Hikmah yang dibina oleh KH. Supandi ini dibangun sebuah surau kecil yang dibangun sendiri oleh KH. Supandi, Kyai Sahlan Failani dan KH. Soleh MUbarok serta masyarakat disekitar area tersebut. Lahan yang dipergunakan untuk membangun surau adalah warisan dari mertua KH. Supandi yang bernama Hi. Riyadi.

Santri pertama yang mengaji di surau ini adalah Achmad Tabi’in yang merupakan putra ke tiga dari KH. Supandi. Seiring berkembangnya waktu sejak tahun 2000, santri TPQ di Pondok Pesantren Darul Hikmah semakin banyak hingga mencapai 300 santri. Akan tetapi santri mukim baru sekitar 10 orang.

Pada tahun 2008, putra pertama KH. Supandi yang bernama Muhammad Alifuddin, dan adiknya bernama Siti Lailatul Badriyah datang sebagai penghafal Qur’an yang kemudian membawa metode baru dalam pengajaran membaca Al-Qur’an yang diadabtasi dari Pondok Pesantren Yambu’ul Qur’an, Kudus, asuhan KH. Arwani.

Siti badiyah Bersama suaminya bernama, Muhammad Syauqi Al – Jamhari mendukung penuh berjalannya pendididkan di Pondok Pesantren Darul Hikmah, sedangkan santri Khufat (menghafal Al-Qur’an) dibimbing oleh Ustadz Muhammad ALifuddin, dan Istri yang dibantu oleh adik dari KH. Supandi yaitu Ustadzah Aniratul Masyrifah.

Pada tahun 2016, putra KH. Supandi yang ke tiga yang bernama Achmad Tabiin telah menyelesaikan Penddidikannya di Universitas Islam Indonesia dan berhasil merintis Pendidikan formal di Pondok Pesantren Darul hikmah yaitu SMP Islam Darul Hikmah. Seiring berkembangnya waktu santri mukim sampai pada tahun 2020 ini mencapai 350 santri yang belajar di pondok pesantren Darul Hikmah in

image